Change!!

(Saturday, April 18th)

Minggu ini, sesuatu yang besar telah terjadi. Sesuatu yang membuat saya merasa begitu lega dan bersyukur. Minggu ini saya melakukan sebuah paradigm shift yang memiliki pengaruh relatif besar, tidak hanya bagi diri saya tapi juga bagi orang-orang di sekeliling saya. Saya memang belum banyak menceritakan perubahan paradigma besar yang baru saja saya pilih ini, tapi saya yakin saat saya menceritakannya, ada banyak pihak yang turut tersenyum dan bernafas lega bersama saya.

Dan mengenai paridgm shift apa yang telah terjadi, lebih baik Anda mendengarnya langsung dari saya.

Mungkin karena perubahan keputusan dan sudut pandang itu pula, minggu ini saya seolah mendapat semangat baru yang mengiringi setiap detik yang saya lalui. Minggu kuis besar yang biasanya terasa berat dan penuh tekanan, menjadi terasa lebih cerah dan menyenangkan. Kalaupun kuis besar Orkom saya kali ini hancur berantakan, hal itu disebabkan oleh suatu alasan yang memang memberatkan, yang terjadi sebelum adanya paradigm shift ini. Tetapi saya yakin setelah paradigma baru ini saya ambil, segalanya akan berjalan lebih baik.


Pengaruh positif dari paradigm shift ini dapat dibuktikan bahkan sejak sehari setelah hal itu terjadi. Misalnya, saya menjadi dapat menanggapi sesuatu secara lebih positif, saya menjadi lebih peka terhadap sesuatu yang tidak biasanya saya perhatikan, saya jadi mendapat kesempatan lebih banyak untuk mendapat ilmu dari beberapa orang hebat, bahkan dalam hal akademis, ada beberapa kemajuan yang begitu terasa. Contohnya, teori-teori yang dijelaskan selama perkuliahan jadi dapat saya cerna lebih cepat, bahkan saya berhasil mengerjakan modul praktikum jauh lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Dan yang paling terasa adalah saat mendekati akhir pekan kemarin, saya dapat menangkap stimulan yang membuat saya berhasil mendapatkan suatu ide yang dahsyat, yang bahkan hanya dengan mengingatnya saja dapat membuat saya tersenyum beberapa saat.

Teman-temanku, sebenarnya dalam posting kali ini saya ingin menunjukkan bahwa akan timbul suatu efek yang besar di saat kita mau mengubah paradigma kita ke arah yang lebih positif. Perubahan tersebut tidaklah harus dilakukan serentak dan drastis, bahkan perubahan kecilpun akan dapat memberikan efek yang besar.
Remember, a small ripple can gain momentum and build a current that is insurmountable, right?

Ya, itulah kehidupan. Terkadang juga kita harus melepaskan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar. Bahkan tak jarang, kita harus mundur selangkah demi mendapatkan ruang yang memungkinkan kita untuk maju beberapa langkah ke depan. Dan, keputusan untuk berubah ada di dalam diri masing-masing dari kita. Saya jadi ingat sebuah penggalan doa seorang hamba, yang pernah dismapaikan oleh Bapak Song Surya Sampurna di Universitas Ma Chung beberpa waktu yang lalu, yang kurang lebih berbunyi,

"God grant me the Serenity to accept the things I cannot change
courage to change the things I can and wisdom to know the difference"

God will show you the path. Just do your best and God will do the rest. No one is in charge of your happiness except you, Guys. So, don't be afraid to change!!

Updated (April 21st, 10 am) : Wahhhh, efek paradigm shiftQ makin terasa. Aku baru saja menghabiskan waktu 2 jam lebih, berbagi cerita bersama seorang "beliau" yang dahsyat, empat mata. OtakQ mulai memancarkan gelombang high beta. Smangatt!!! ^^/

2 komentar:

Haqqi said...

Wah, sudah berhasil mengubah paradigma yah... Semangat, ikuti terus jejakku... Wkwkwk...

Nb: Memang penting untuk mengubah paradigma, gw rasa yang km rasain sama dengan yang gw rasain beberapa bulan lalu, saat setelah mengubah paradigma menuju arah yang positif. Pokoknya, hidup terasa jadi lebih indah.

Tiara said...

@Haqqi
iya,,ternyata enak ya klo qta mau berusaha berubah ke arah yg lebih positif... =)

Life is sooooo beautifulllll..... as beautiful as.... ehm2... =D

Post a Comment