The Power of Incantation

Kemarin malam aku tiba di rumah jam setengah sepuluh setelah menemani Mas Andik melakukan web conference dengan sesama Sun Campus Ambassador Asia Pacific. Setiba di rumah aku baru menyadari, bahwa tadi sekitar pukul delapan malam, ada panggilan dari seorang teman sebanyak enam kali, tanpa kusadari. Akupun bertanya-tanya dan segera meneleponnya saat itu juga, namun tak ada yang mengangkat. Dengan pikiran yang penuh tanda tanya, saat itu aku berpikir bahwa ia sudah terlelap.

Tak lama kemudian, kudengar handphoneku berbunyi yang kutahu bahwa itu adalah telepon dari temanku tersebut. Ia bercerita bahwa ia baru saja mendapat "sesuatu" yang sudah sangat lama ia inginkan. Aku tidak bisa bercerita secara detail tentang "sesuatu" ini, tapi yang aku tahu, menurut ceritanya banyak orang yang mengatakan padanya jika "sesuatu" ini bukan hal mudah untuk diraih. Namun demikian, sejak lama aku memang percaya bahwa suatu saat dia pasti bisa mendapatkannya, dan kamipun berhasil membuktikannya tadi malam. Aku sungguh bahagia mendengar kabar yang ia berikan tadi malam. Aku tahu upaya yang dia lakukan untuk bisa meraih "sesuatu" tersebut sungguh tak mudah. Namun, akhirnya ia bisa menikmati hasil dari usaha kerasnya tersebut.

Setelah berbagi tawa dan cerita, akupun teringat sesuatu, dan bertanya,

"Eh, di belakang pintu kamarmu masih ada tulisan yang dulu itu ga?", dulu waktu ke rumahnya aku sempat melihat tulisan "Aku ...... di .....", yang tak lain merupakan "sesuatu" yang ia inginkan tersebut.

"oh iya2, hampir setiap kali baca tulisan itu aku berdoa n aku berusaha percaya aku bisa, Mut", katanya dengan nada yang lebih serius.

"Itu dia salah satunya, faktor utama yang bikin kamu semangat. Apalagi kamu juga membawa itu dalam doamu" ujarku sambil tersenyum.

"Iya, Mut, aku beneran bersyukur banget"

Menurut beberapa buku yang aku baca, kata-kata itu tak lain adalah yang dinamakan incantation. Kalo secara harfiah, incantation tuh artinya mantra, dan disebut juga sebagai afirmasi. Ketika kita mengucapkan satu kalimat dengan emosi yang kuat, kita akan mulai mempercayainya. Dan, menurut beberapa sumber yang pernah aku baca, hasilnya akan lebih hebat lagi bila kita mengulangi kalimat tersebut dengan emosi yang kuat sambil bergerak.

Contoh incantation (dikutip dari buku karangan Tung Desem Waringin):
- Apapun yang terjadi, saya akan bertambah kuat dan kuat
- Tidak ada kata gagal, yang ada hanya sukses atau belajar
- Saya bijaksana, sehat, kaya-raya, harmonis, dan ceria
- Saya pasti bisa kalau saya mau, dan saya punya kemauan yang sangat kuat

Dalam beberapa buku yang saya baca dijelaskan bahwa incantation kita sebaiknya kita baca berulang kali, setiap hari. Ambil waktu tertentu untuk mengulangi incantation kita dengan penuh emosi sambil mandi, lari pagi, ataupun setelah beribadah. Contoh orang yang menerapkan incantation adalah Mohammad Ali. Sebelum bertinju, dia berkali-kali mengulangi kata-kata dengan penuh emosi "Saya KO dia pada ronde 3!". Bahkan waktu bertinju, dia dengan mantapnya bilang "Saya KO kamu pada ronde ketiga!". Dan, seringkali terjadi bahwa lawannya benar-benar KO di ronde ketiga, atau bahkan sebelumnya

Contoh lain adalah Tiger Wood. Kamarnya penuh dengan tulisan, gambar, dan rekor-rekor golf dari pegolf yang sudah ada. Sebelum tidur dan setiap bangun tidur, Tiger Wood melakukan incantation dengan mengatakan "Saya pecahkan rekormu!" dengan berulang-ulang dan penuh perasaan. Setiap satu rekor terpecahkan, tulisan atau gambar rekor tadi dicoret. Dan sekarang hampir semua tulisan dan gambar rekor di kamarnya sudah dicoret.


Mengenai Incantation tersebut, saya pun telah beberapa kali membuktikannya. Salah satunya adalah cerita mengenai incantation dari loker saya. Di balik pintu loker saya di kampus ada beberapa incantation yang selalu saya baca setiap kali saya melihatnya. Menariknya, salah satu dari ketiga incantation tersebut telah menjadi kenyataan di saat yang sangat jauh lebih awal dari perkiraan saya. Padahal sebenarnya ketiga incantation tersebut saya buat sebagai harapan yang ingin saya dapatkan setelah lulus kuliah. Tapi segalanya berjalan lebih baik, di peralihan menuju semester dua, seorang dosen memberi saya peluang yang tak pernah saya duga, peluang untuk mewujudkan salah satu incantation saya. Di peralihan menuju semester tiga, dosen saya tersebut memberi peluang yang semakin besar bagi saya untuk secara utuh mewujudkannya. Hingga saat ini, saya mulai berpikir untuk menghapus salah satu incantation saya yang hampir terwujud seutuhnya tersebut, menjadi incantation lain yang membuat saya semakin terpacu mewujudkannya.

Well, menurutku itu bukan suatu yang kebetulan. Itu adalah suatu teori yang bisa benar-benar dibuktikan, baik menggunakan teori sains maupun agama. Untuk lebih memahami hubungan hal-hal semacam ini dengan spiritualitas, ada satu buku yang banyak direkomendasikan yaitu "Quantum Ikhlas" karangan Erbe Santanu. Di waktu yang akan datang, jika saya merasa sudah memahaminya secara utuh, saya juga akan menunjukkannya pada Anda....=)

"Bila Anda menginginkan sesuatu dan tidak memperolehnya, berarti anda tidak sungguh-sungguh menginginkannya" (Anthony D.M.)

So, Guys, keep fight!! Don't ever give up!! =D

8 komentar:

Haqqi said...

PertamaX!!!!

Setuju, itu implementasi dari The Secret juga. Tinggal seberapa kuat dan seberapa lama kita mempertahankan afirmasi positif itu di otak kita. Pasti semua bisa terjadi.

Berkali-kali aku ngelakuin afirmasi positif juga kok. Bahkan afirmasi positif terhadap hal negatif juga bisa terjadi. Jadi, hati-hatilah!!! (refers to My True Feeling about "F")

Vynn3 said...

I like the way u teach me how to dance bangedddd dwechhhh :-))

Pryscilla said...

Aq setuju banget,,,

persis ma apa yang aq baca d The Secret, tapi benernya menurut aq, itu salah satu dari iman kita juga sey,,
hehe,,,

Aq sering banget ngalami hal-hal seperti itu,,
bahkan masuk ke Universitas Ma Chung ini pun, bisa jadi salah satu buktinya...
Yah, kayak dreamz come true gt d...
hehe,,,

Tiara said...

@Haqqi
Ya, kalo memang kita kuat mempertahankannya, yakin deh mudah-mudahan suatu hari akan bisa.

Bnr tuh, jd terbukti atau tidaknya tergantung kita juga kan...^^

about F? ya...I think, I know what U mean...

@Vynn3
Lho...lho...lho...

Sip deh, kk...

BTW, aq jd minta lagunya dunk... =)

Tiara said...

@Pryscilla
That's right, setuju bgd....biar gimana juga, menurutQ itu tetep ada hubungannya dgn iman dan keyakinan Qta...

So, jgn berhenti...tetap lakukan dan biasakan. Klo qta melakukan sesuatu yang positif, percaya deh, pasti ntar hasilnya juga positif... ;)

^HaPpiLy uMy^ said...

"nonjok" banget mba...hehehe
Tahun ajaran ini aku cuma pengin 2 hal...dan berkat posting ini aku YAKIN pasti dua2nya bisa dicapai! Amin!

Tiara said...

@Umy
Wah, amin2....

Smangatt terus deh! Qta pasti bisa, Mi!! =)

Unknown said...

hmm . . . kata Anthony Robbins incantation itu berbeda ma affirmation, n aku lagi nyari tuh perbedaannya di mana. klo ada info tolong share ya.

BTW, apa sih 3 incantation di locker kmu? penasaran nih . . .he he he.

Post a Comment